Jenis – Jenis Benang Jahit Di Tempat Bikin Kaos Yang Perlu Anda Tahu

Tempat bikin kaos – Seperti yang telah kita ketahui bersama dalam proses menjahit ini. Sudah pasti maka benang ini adalah alat penting yang memiliki fungsi. Yakni untuk menggabungkan potongan kain bukan. Sehingga akan membentuk pola pakaian yang memang sudah pernah di desain. Untuk kualitas benang jahit ini akan mempengaruhi kualitas jahitan yang akan dihasilkan. Untuk pemilihan benang jahit yang memang tepat ini pun bisa menghasilkan jahitan yang kuat bukan. Selain itu juga awet dan tidak akan mudah terurai. Untuk warna benang jahit yang akan digunakan sebaiknya disesuaikan dengan warna kain yang akan dijahit ya. Tujuannya agar bisa menghasilkan jahitan yang cukup senada.

6 Jenis Benang Jahit Di Tempat Bikin Kaos Yang Perlu Anda Tahu 

Untuk benang yang digunakan untuk menjahit pakaian ini memang terdiri atas berbagai jenis. Dimana memang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk beragam jenis benang jahit ini dikelompokkan berdasarkan bahan pembuat. Juga dipertimbangkan dari konstruksi benangnya bukan. Berikut ini akan diuraikan beberapa jenis benang yang sering digunakan untuk proses menjahit pakaian. Berikut ini jenis benang jahit yang didasarkan pada bahan pembuatnya. Dan berikut ini diantaranya:

  1. Benang polipropilen

Untuk jenis benang pertama ini juga dikenal dengan nama benang PP. Dimana benang yang satu ini terbuat dari polimer termoplastik. Untuk jenis benang ini sering digunakan untuk menjahit pakaian dalam dan kaos.

  1. Benang akrilik

Untuk jenis benang kedua ini memang terbuat dari serat akrilik. Dimana benang ini memiliki tekstur yang cukup ringan. Selain itu juga cukup hangat dan halus sehingga tidak akan menimbulkan geli pada pakaian yang akan di jahit. Untuk benang akrilik ini sendiri memiliki bentuk yang pilih. Yakni dengan kata lain seperti pita sehingga akan cocok di aplikasikan untuk menjadi kaos dan rompi.

  1. Benang karet

Untuk jenis benang ketiga ini memang dibuat dari bahan karet. Dimana benang karet ini memang sudah di vulkanisasi. Benang karet ini sendiri memiliki tekstur yang memang cukup elastis dan mudah menyesuaikan dengan pola pakaian. Untuk benang karet ini pun biasa digunakan untuk menjahit bagian kaos atau baju tertentu dengan kesan serut.

  1. Benang rayon

Untuk jenis benang keempat ini memang dibuat dari bahan rayon. Untuk benang rayon ini terbuat dari kulit kayu. Dimana benang rayon ini tidak termasuk benang sintetis bukan. Dikarenakan terbuat dari bahan polimer organik dan kulit kayu. Untuk benang rayon ini memiliki tekstur yang halus. Selain itu juga berat, dingin dan bisa menempel di tubuh.

  1. Benang polyester

Untuk jenis benang kelima ini memang terbuat dari bahan polyester. Dimana benang ini juga terbuat dari serat sintetis. Jenis benang yang satu ini memiliki tekstur yang memang elastis dan kuat. Benang jenis ini cocok diaplikasikan pada kain yang memiliki tekstur cukup lembut. Atau menggunakan kain yang memiliki tekstur kaku.

  1. Benang nilon

Untuk jenis benang keenam ini terbuat dari bahan nilon. Dimana benang jahit yang satu ini terbuat dari serat sintetis plastik. Dimana bahan ini memiliki tekstur yang memang kuat dan elastis. Jenis benang nilon ini pada umumnya digunakan untuk menjahit kain yang terbuat dari sintetis. Benang nilon ini kurang cocok untuk digunakan pada kain tekstur lembut.

Selain 6 jenis benang di atas. Anda bisa menggunakan benang sutera. Dimana benang ini terbuat dari serat alami sutera. Dimana memiliki tekstur halus dan lembut.

Leave a Comment